Manfaat Blog

 

Apa sih blog? Apa sih manfaatnya? 

Sebagian dari kita tentu sudah sangat familiar dan mungkin setiap hari membuka blog seseorang atau perusahaan, bahkan kita mungkin sudah punya  tapi mungkin belum bisa menjawab apabila ditanya apa blog itu?  

Blog atau weblog merupakan Jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala. Bila memiliki tulisan dan di unggah secara berkala, maka blog yang kita Kelola akan menampilkan halaman yang paling akhir kita unggah atau kita publish.

Blog bisa di isi dengan tema yang sama, bisa Pendidikan, literasi, pencinta bunga, pecinta binatang bisa memanfaatkan untuk membuat informasi seputar yang mereka alami atau ilmu yang dia pelajari. Orang yang menulis di blog di sebut dengan blogger.

Ada beberapa manfaat blog seperti yang telah disampaikan Dr. Ngainun Naim saat halal bi halal virtual kelas menulis yang beliau bimbing. Antara lain :

Pertama Blog bisa dibaca siapa saja yang berkunjung ke alamat blog tersebut. Bila kita punta tulisan dan hanya di simpan di laptop, maka kita akan hanya bisa membacanya sendiri, tetapi kalua tulisan kita kita publish di blog, maka akan bisa di baca orang.

Kedua,  tulisan kita akan abadi disana, selama perusahaan blog seperti wordpress, blogsopt tidak gulung tikar, bila kita memanfaatkan jasa blog gratis mereka maka tulisan kita tetap nempel pada alamat kita di blog tersebut.

Ketiga, sebagai sarana belajar menulis, atau menulis sesuatu yang kita inginkan. Bila dulu kita mengenal majalah dinding. Blog ini menjadi majalah dinding kita.

Keempat, memacu kita untuk belajar terus, semakin kita memelihara blog kita dengan tulisan yang kita buat, akan memaksa semakin banyaklah perbendaharaan kata kita, mengolah tulisan, dan berusaha untuk lebih menarik dan tidak sama dengan tulisan yang lalu. Ini artinya kita memacu kreatifitas kita.

Kelima, bisa berbagi pengetahuan, bila kita senang dengan berbagi pengetahuan dan menuangkan dalam tulisan yang bagus dan menarik, akan menjadi kesempatan kita dilihat banyak pembaca dan tertarik dengan ulasan atau tulisan kita. Seperti seorang guru bernama Wijaya Kusuma beliau dari yang tidak punya laptop, kemudian mengikuti pelatihan blog dan sekarang bisa membuat buku sebanyak 14 judul buku. Dengan cara aktif mengisi blognya.

Keenam, Menambah korespondensi, dengan berselancar ke blog satu ke blog yang lain dan meninggalkan komentar kita, bukan tidak mungkin ini menambah kenalan kita. Kita bisa menjalin komunikasi dan bertukar pendapat meski belum pernah bertemu.

Mulai sekarang ayo kita menjadi blogger, bila kita konsen di literasi, jadilah blogger literasi, dan lakukan kegiatan menulis secara ajeg. Mulailah menulis dari yang anda lakukan, yang dekat dengan  anda dan yang bisa kita lakukan.

Jangan lupa untuk berselancar ke blog teman dan meninggalkan mengikuti  (follow) blognya atau memberikan komentar tulisannya. Cobalah kita akan mengetahui manfaat lainnya di kemudian hari saat kita telah melakukannya.

 

 

 

 

 


12 komentar:

Featured Post

  Tumpukan masalah yang menggelayut di madrasah kami tidak sedikit. Stigma guru yang belum berkualitas, pembelajaran yang monoton, siswa mal...