Guru Gabut

"Nggak ngajar kok digaji?? "
"Guru-guru sekarang enak ya ngajarnya tidak bertatap muka tapi gajinya tetap." 
"Guru sekarang makan gaji buta (Gabut)"
"harusnya yang diberi gaji itu bapak ibu atau orang tua di rumah karena mereka sekarang yang ngajarin anak-anak"
Ini beberapa kalimat yang saya pernah dengar dan saya pernah baca apakah memang benar demikian keadaannya hari ini guru makan gaji buta guru tidak mengajar? 

Membahas Guru tidak terlepas dari pendidikan. Pembelajaran bukanlah  pendidikan. Pembelajaran salah satu cara untuk mendidik anak. Secara afektif, kognitif maupun psikomotorik mereka. ketiga-tiganya ini butuh pendidik. 
Mendidik moral anak atau afeksi anak butuh pendidik. Mendidik kognitif anak tidak hanya butuh seorang guru yang memikirkan gaji saja. Demikian juga mendidik psikomotornya butuh ketelatenan butuh pengulangan tidak hanya sekali selesai.
Di hari pendidikan ini 2 Mei dicetuskanlah tema pendidikan tahun 2020 ini yakni belajar dari covid-19 tentu saja banyak pendapat dari semua pihak.
Apa yang bisa dipelajari dari covid-19 hari ini  adalah bahwa seluruh kita adalah pendidik. Pendidikan tidak harus diserahkan di sekolah saja pendidikan bisa diambil perannya oleh seluruh warga masyarakat dan seluruh elemen di masyarakat. 
Siapa yang ingin virus Corona ini terjadi?mungkin semua tidak ingin, kengerian dampak dari korona ini sangat nyata. Menghancurkan ekonomi menghancurkan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat yang rukun gotong-royong menjadi dipaksa untuk sendiri sendiri dan berjauhan secara sosial.
Manusia sebagai makhluk sosial tetap membutuhkan manusia yang lain tetapi hari ini sangat dibatasi oleh keadaan karena adanya virus ini. 

Menjadikan rumah sekolah dan menjadikan orang tua Patner mendidik anak, menjadi bijak untuk tetap berada di rumah selama virus ini berlangsung. 
Ini adalah hal yang kita bisa ambil pelajaran dari penyebaran virus ini. 

Guru dengan segala kemampuan dan keterbatasannya. Tetap Melaksanakan pengajaran, tetap laporan kinerja ke atasan. 
Jadi tidaklah benar stigma masyarakat bahwa guru makan Gabut. Alias gaji buta. 

2 komentar:

  1. Mantap. Topik penting menjaga semangat mengajar. Tantangan memang berat tetapi kita harus menjalankan tugas semaksimal mungkin. Selamat Hari Pendidikan Nasional tahun 2020.

    BalasHapus

Featured Post

  Tumpukan masalah yang menggelayut di madrasah kami tidak sedikit. Stigma guru yang belum berkualitas, pembelajaran yang monoton, siswa mal...