MENUNTUT ILMU, JALAN PALING CEPAT MENUJU SURGA





Musim ajaran baru telah di depan mata, baik lulusan dari sekolah tingkat dasar sampai atas akan segera naik kelas menuju ke jenjang Pendidikan yang lebih atas. Keluaran sekolah dasar akan menuju ke Sekolah / Madrasah Tsnawiyah. Dalam hal ini saya bisa memastikan hampir 100 % anak-anak melanjutkan ke jenjang atasnya.
Ketika anak anak SMP/MTs berhasil lulus dan melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah, kira-kira 80 % lulusannya yang melanjutkan. Kenapa tidak 100 %? Banyak factor yang melingkupinya, mulai dari tidak ada biaya melanjutkan, bekerja. Meski sebenarnya canangan wajib belajar sekarang sampai 12 tahun untuk jawa timur. Namun belum semua lulusan yang melanjutkan ke sekolah atasnya.
Sedangkan ketika anak-anak lulus dari SMA/MA/SMK banyak pilihan yang ada didepan mereka, melanjutkan kuliah, bekerja atau menikah. Namun masih banyak juga anak-anak yang lulusan sekolah atas ini yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Sekarang sedang musim tes masuk perguruan tinggi. Perguruan tinggi favorit di serbu pendaftar dari berbagai belahan pulau di Indonesia. Bersaing mendapatkan kampus-kampus bagus di Indonesia. SMPTN secara daring dilaksanakan untuk tahun 2020 ini karena masih masa adaptasi new normal. Dan kampus tidak diperkenankan untuk melakukan pertemuan tatap muka dengan mahasiswa ataupun calon mahasiswa baru.
Kenapa penting bersekolah? Karena dengan sekolah kita berniat untuk mencari Ilmu pengetahuan. Dalam Qur’an surat Al Mujadalah 11 Allah SWT berfirman:
يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.S. al-Mujadalah : 11)

Allah SWT memberikan derajat yang lebih tinggi untuk orang-orang yang berilmu, Allah senang dan Ridho terhadap hamba Nya yang mencari ilmu, sebab dengan mencari ilmu luaslah pola piker dan pandang kita dalam menghadapi masalah. Dan membawa kita menuju jalan akhirat.
Sebenarnya menuntut ilmu tidak hanya selesai di bangku sekolah dan bangku kuliah saja. Dimanapun dan sepanjang masa. Bahkan Ilmu itu digunakan tidak hanya di dunia saja, namun di akhirat kelak. Semua hal itu ada ilmunya. Sampai baginda nabi Muhammad SAW mensabdakan:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ  أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ 

"Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula". (HR. Bukhari dan Muslim)

Ilmu yang berguna dunia akhirat ini tentu saja akan membawa kita menuju syurga Allah. Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw dalah haditsnya:
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ
“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.”
(HR. Muslim, no. 2699)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap hari, setelah selesai shalat subuh berdo’a kepada Allah yang mana dalam doanya beliau senantiasa berharap agar diberi ilmu yang bermanfaat, berikut doanya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

“Ya Allah sesungguhnya saya minta kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, rizqi yang baik dan amalan yang diterima.”


6 komentar:

Featured Post

  Tumpukan masalah yang menggelayut di madrasah kami tidak sedikit. Stigma guru yang belum berkualitas, pembelajaran yang monoton, siswa mal...