E learning Ohh E learning

Add caption

Gembredek… sekian banyak WA grup dan japri masuk ke HP susul menyusul. Ada yang tanya cara log in ada yang mengeluh sinyal jelek dan segala macam persoalan pembelajaran melalui daring. Terlebih lagi daring melalui aplikasi E learning madrasah.

Agak rumit memang, cara menjalankan aplikasi ini. saya analogkan apabila sama sama menuju ke Surabaya jalan melalui E learning ini tidak melalui jalan tol yang lurus. Harus melalui jalan jalan arteri yang banyak portalnya.

Aplikasi E-learning madrasah ini hampir serupa dengan ARD (Aplikasi Raport Digital). Guru mengerjakan Raport melalui Daring di laptop masing masing. Aplikasi nya harus memasukkan mata pelajaran satu persatu, nama guru, nama siswa beserta identitas yang dimiliki anak, wali kelas, standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Baru kemudian memasukkan nilai satu persatu.

Bedanya adalah ARD yang mengerjakan guru, yang mengerjakan E learning adalah Guru dan siswa. Operator memasukkan anak-anak dan guru kedalam system barulah Guru memasukkan kelas online dan materi ajar serta bahan ujian ke dalam aplikasi ini.

Secara teknis apabila sinyal bagus dan kemampuan guru dan anak mengoperasikan aplikasi mampu akan tidak menjadi kendala. Namun jangankan siswa, gurupun masih banyak yang belum mampu mengoperasikan aplikasi dengan benar. Siswa yang basicnya memiliki kecenderungan handphone untuk game menemukan kesulitan.

Saya yakin tidak ada yang tidak bisa diatasi. Semua butuh ketrampilan untuk bisa lancar dalam pembelajaran ini. sehari ini kami memulai aplikasi e learning untuk pembelajaran secara online. Namun banyak masalah yang terjadi. Sehingga pembelajaran awal ini banyak terganggu masalah teknis. Semoga besok dan selanjutnya akan lebih baik.


1 komentar:

Featured Post

  Tumpukan masalah yang menggelayut di madrasah kami tidak sedikit. Stigma guru yang belum berkualitas, pembelajaran yang monoton, siswa mal...