KETRAMPILAN ABAD 21

 

Menghadapi Abad 21 bukanlah hal yang mudah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi begitu pesat. Kita sebagai guru dan orang tua harus mempersiapkan sekian banyak perencanaan dan persiapan untuk menghadapinya. Abad 21 ditandai dengan adanya dampingan tekhnologi yang melekat pada kehidupan keseharian kita. Tekhnologi menjadi barang yang yang sangat kita butuhkan. Ketinggalan tekhnologi berarti kita siap siap pensiun dalam pergulatan dunia ini.

Lembaga Pendidikan di tantang untuk menemukan cara dalam rangka memingkinkan peserta didik sukses dalam kehidupannya dalam penguasaaan ketrampilan berfikir kreatif, pemecahan masalah yang fleksibel, berkolaborasi dan berinovasi.


ketrampilan multidimensional harus dimiliki manusia atau pembelajar pada abad 21 ini. Terkait dengan tekhnologi berubah dari manual kepada digitalisasi. Layanan manufaktur kepada layanan yang menekankan pada informasi dan pengetahuan. Pengetahuan ini sendiri tumbuh dan meluas secara cepat sekali. Tekhnologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat ini pun telah mengubah cara belajar dan sifat pekerjaan.

Berkait dengan tekhnologi informasi yang semakin majemuk, perlu adanya kesiapan menghadapi tantangan era digitalisasi ini dengan mengupayakan ketrampilan yang majemuk pula.

Dalam jurnal Cypriot Journal of Educational Sciences yang ditulis oleh Cevik,M tentang Multidimensional 21th century skills scale: Validity and reliability study.  Mengangkat ketrampilan abad 21 ini dengan teori dari Binkley berdasarkan kepada The Assessment and Teaching of 21st Century Skills (ATC 21) institution. Lembaga ini mendefinisikan ketrampilan abad 21 sebagai berikut:

(1) Cara berfikir yang berhubungan dengan creativitas dan inovasi, berfikir kritis, problem solving, dan pembuatan keputusan dan juga berfikir metakognitif.  

(2) cara bekerja didalamnya termasuk  cara berkomunikasi dan bekerja sama dengan rekan sejawat.

(3) alat yang dipergunakan untuk bekerja, yang memuat didalamnya adalah informasi tehnologi dan

(4) Bagaimana kehidupan didunia, menjadi warganegara yang baik, karir dan tanggungjawab individu dan sosial.

Dalam menyahuti perkembangan dunia Pendidikan dan dunia kerja dewasa ini, Ketrampilan multidimensional ini untuk anak anak abad 21 ini yang harus dikembangkan. Meski di desa sekalipun.

Pandemi Corona ini membuat lompatan yang luar biasa dalam pemanfaatan tekhnologi informasi sekaligus sedikit memaksa kita untuk lebih berfikir kreatif dalam menciptakan peluang di tengah tantangan. Dalam hubungannya dengan ketrampilan yang harus dipersiapkan maka banyak sebenarnya yang perlu kita pelajari secara cepat. Terlebih lagi mempelajari tekhnologi Informasi (ICT) sebagai modal awal melangkah menuju pengembangan diri.

 

2 komentar:

Featured Post

Jejak Pergunu Menjemput Asa (2)

  PC Pergunu Tulungagung dalam rangka Halal Bi Halal sowan ke Ketua Umum PP Pergunu di Pacet, Mojokerto, tepatnya di Universitas KH. Abdul C...