Menghadapi Abad 21 bukanlah hal
yang mudah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi begitu pesat. Kita sebagai
guru dan orang tua harus mempersiapkan sekian banyak perencanaan dan persiapan
untuk menghadapinya. Abad 21 ditandai dengan adanya dampingan tekhnologi yang
melekat pada kehidupan keseharian kita. Tekhnologi menjadi barang yang yang
sangat kita butuhkan. Ketinggalan tekhnologi berarti kita siap siap pensiun dalam
pergulatan dunia ini.
Lembaga Pendidikan di tantang untuk menemukan cara dalam rangka
memingkinkan peserta didik sukses dalam kehidupannya dalam penguasaaan
ketrampilan berfikir kreatif, pemecahan masalah yang fleksibel, berkolaborasi
dan berinovasi.
ketrampilan multidimensional harus dimiliki manusia atau pembelajar
pada abad 21 ini. Terkait dengan tekhnologi berubah dari manual kepada digitalisasi.
Layanan manufaktur kepada layanan yang menekankan pada informasi dan
pengetahuan. Pengetahuan ini sendiri tumbuh dan meluas secara cepat sekali. Tekhnologi
informasi dan komunikasi yang berkembang pesat ini pun telah mengubah cara
belajar dan sifat pekerjaan.
Berkait dengan tekhnologi informasi yang semakin majemuk,
perlu adanya kesiapan menghadapi tantangan era digitalisasi ini dengan
mengupayakan ketrampilan yang majemuk pula.
Dalam jurnal Cypriot Journal of Educational Sciences yang
ditulis oleh Cevik,M tentang Multidimensional 21th century skills scale:
Validity and reliability study. Mengangkat
ketrampilan abad 21 ini dengan teori dari Binkley berdasarkan kepada The
Assessment and Teaching of 21st Century Skills (ATC 21) institution. Lembaga
ini mendefinisikan ketrampilan abad 21 sebagai berikut:
(1) Cara berfikir yang berhubungan dengan creativitas dan
inovasi, berfikir kritis, problem solving, dan pembuatan keputusan dan juga
berfikir metakognitif.
(2) cara bekerja didalamnya termasuk cara berkomunikasi dan bekerja sama dengan
rekan sejawat.
(3) alat yang dipergunakan untuk bekerja, yang memuat
didalamnya adalah informasi tehnologi dan
(4) Bagaimana kehidupan didunia, menjadi warganegara yang
baik, karir dan tanggungjawab individu dan sosial.
Dalam menyahuti perkembangan dunia Pendidikan dan dunia
kerja dewasa ini, Ketrampilan multidimensional ini untuk anak anak abad 21 ini
yang harus dikembangkan. Meski di desa sekalipun.
Pandemi Corona ini membuat lompatan yang luar biasa dalam
pemanfaatan tekhnologi informasi sekaligus sedikit memaksa kita untuk lebih
berfikir kreatif dalam menciptakan peluang di tengah tantangan. Dalam hubungannya
dengan ketrampilan yang harus dipersiapkan maka banyak sebenarnya yang perlu
kita pelajari secara cepat. Terlebih lagi mempelajari tekhnologi Informasi
(ICT) sebagai modal awal melangkah menuju pengembangan diri.
Mantab, yes...
BalasHapusMantab, yes...
BalasHapus