SELF MANAGEMENT


Berbincang tentang manajemen. Yang saya ketahui adalah sesuatu yang tidak terlepas dari 4 Hal yakni Desain, Pelaksanaan, Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut. George Terry sebagai Bapak Manajemen mempopulerkan Planning, Organizing, Actuating, and Controlling (POAC).

Ke empat elemen inilah yang selalu berturbulen, dan selalu berulang untuk menggerakkan kita menjadi sesuatu yang bermakna dan lebih baik. Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa adanya manajemen semua usaha akan sia sia, serta pencapaian tujuan akan lebih sulit.

Alasan mengapa diperlukan manajemen; pertama untuk meningkatkan tujuan; kedua untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan yang saling bertentu; ketiga Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas.  

Menurut Peter Drucker dalam efisiensi  merupakan kemampuan dalam memilih tujuan atau peralatan atau cara yang tepat (doing things right), sedang efisien adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing the right things).

Kata Manajemen pun bisa melekat dengan luwes dan indah pada semua kata yang semuanya menginginkan keberaturan tujuan atasnya. Apabila bertemu dengan kata Kurikulum, maka jadilah kata manajemen kurikulum. Sebuah tata Kelola mengenai kurikulum yang diinginkan. Apabila melekat kepada kata hati. Maka jadilah manajemen qolbu. Melekat pada keuangan maka jadilah manajemen keuangan dan lain sebagainya.

Dan ketika kita melakukan tata Kelola dengan diri kita sendiri, jadilah sebuah kata manajemen diri. Melekatlah kemudian sebuah perencanaan, aksi dan evaluasi terhadap diri sendiri yang akan mengubah pola hidup kita menjadi lebih tertata dan lebih efektif.

Penting sekali menurut saya mengenali potensi dan menata diri kita untuk mengembangkan diri kita kepada tujuan kita. Kemana kita akan berhenti pada tujuan kita. Nah fungsi manajemenlah yang perlu kita terapkan untuk merencanakan, mengaktualisasikan perencanaan tersebut dan melakukan evaluasi diri.

Saya percaya dengan manajemen kita bisa sedikit banyak mengubah fikiran, kebiasaan dan karakter kita menuju menuju arah yang jelas. Kemungkinan besar dengan manajemen diri kita bisa mengarahkan diri kita kepada Sustainability Improvement yakni sebuah peningkatan muru diri yang berkelanjutan menjadi manusia yang lebih baik.


2 komentar:

  1. Semua harus terencana dengan baik. Setuju bund..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggih.. leres pak membuat kita meningkatkan mutu diri

      Hapus

Featured Post

Jejak Pergunu Menjemput Asa (2)

  PC Pergunu Tulungagung dalam rangka Halal Bi Halal sowan ke Ketua Umum PP Pergunu di Pacet, Mojokerto, tepatnya di Universitas KH. Abdul C...