More reaction, more tear more fear




Sebagai orang tua kita perlu belajar bagaimana memberikan respon terhadap si kecil yang sedang tumbuh kembang. Saya pernah mempraktekkan kekuatan respon ini terhadap mental anak. 

Anak saya pernah terjatuh, tidak sengaja neneknya berteriak dan berkata "ya Allah... Kamu tidak apa apa nak... Mana yang sakit??" didekati dengan tergopoh gopoh dan muka yang cemas dari neneknya. Alhasil si kecil menangis dengan keras. 

Saya sangat maklum dengan seorang nenek yang menginginkan cucunya aman dan tidak terjadi apa apa. Saya coba untuk berkomunikasi dengan beliau lain kali kalau ada kejadian anak jatuh dari karena belajar berjalan atau belajar naik sepeda untuk tidak memasang muka cemas, dan menanggapi dengan sewajarnya saja. 

Di lain waktu anak saya terjatuh karena melompat lompat di kamar tidur, jatuhnya ke lantai karena kakinya terpeleset pinggir ranjang. Dengan tenang sang nenek mendekati dan mengatakan "gak papa kan... Ayo bangun..". Alhasil anak yang mau menangis tidak jadi. Dia tidak menangis karena respon dari lingkungan disekitarnya tidak memanjakannya. 

Kekuatan reaksi/respon yang berlebihan akan membuahkan ekses yang lebih mengerikan. Sama sama jatuh atau terbentur pintu, dengan respon yang berlebihan membuat anak lebih keras menangis dan ketakutan dan cemas.

Maka lebih baik kita sebagai orang tua juga belajar bagaimana memanaj hati untuk menguatkan diri dan tidak memperlihatkan kecemasan kita terhadap sesuatu yang terjadi pada anak atau pasangan kita. 

Itu akan lebih membawa pengaruh positif untuk keluar dari masalah daripada merespon secara berlebihan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

RESENSI (Pesantren, Kampus Islam dan Moderasi beragama)

  Pesantren, Kampus Islam dan Moderasi beragama Karya Ngainun Naim, Abad Badruzzaman Halaman 288 + vi diterbitkan oleh Akademia Pustak...