Sedikit Membaca-Menulis Sedikit, Banyak Membaca-Menulis Banyak

 



Baru hari ini saya bisa membaca buku karangan seorang guru bernama Bapak Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd yang di kirim di WA Grup beberapa waktu yang lalu berjudul “Menulislah setiap Hari, dan Buktikan Apa yang Terjadi”. Itupun masih beberapa Bab yang saya baca dari buku beliau. Namun dari bab awal itu saya merasakan lagi energi menulis yang beberapa hari ini hilang entah kemana terpendam oleh kesibukan lain.

Saya mendapat buku ini dari drive tempat menyimpan file. Kebetulan pada saat kesibukan mengirim soal soal semester I untuk siswa siswi saya, berbasis google form. Secara tidak sengaja menemukan karya beliau masih tersimpan. Saya buka dan hari ini merupakan hari yang membuka semangat untuk menulis lagi.

Ketika menceritakan tentang ketekunan beliau menulis di blog, mengimajinasikan bahwa yang ia tulis harus juga diketahui orang lain. Buku yang lumayan tebal sebanyak 289 halaman itu dia hasilkan dari tiap hari menulis. Luar biasa menurut saya. Buku setebal itu tidak mungkin sepertinya saya bisa menulisnya.

Namun semakin saya dalami di bab demi babnya memberi energi dan semangat untuk mengikuti jejak beliau bisa menulis dengan renyah dan enak dibaca, tidak membosankan.

Keselarasan antara menulis dan membaca menurut saya sangat benar adanya.semakin banyak membaca akan semakin bisa menulis dengan baik dan bagus. Keterbatasan saya hari ini adalah saya belum bisa banyak membaca, sehingga tulisan saya juga belum bisa banyak.

Namun dengan keinginan yang besar untuk bisa meningkatkan kapasitas diri, keyakinan yang saya miliki bertambah untuk bisa menulis lebih baik dari tulisan tulisan kemarin. Kunci lainnya harus banyak  membaca sehingga referensi semakin banyak. Berharap kelak tulisan saya bisa menjadi warisan anak cucu untuk melihat masa lalu melalui tulisan kita.  

 

1 komentar:

  1. Sarannya mungkin bisa diawali dari baca buku 5 menitan bu. Tulisannya keren.

    BalasHapus

Featured Post

  Tumpukan masalah yang menggelayut di madrasah kami tidak sedikit. Stigma guru yang belum berkualitas, pembelajaran yang monoton, siswa mal...