Langsung ke konten utama

Perencanaan Sistem Blok Pada Kurikulum Merdeka di MTs Arrosidiyah




Madrasah Tsanawiyah Arrosidiyah adalah Madrasah lanjutan tingkat pertama yang setaraf dengan SMP. Usia madrasah ini tidak lagi muda. sejak tahun 1993 berdiri sampai sekarang telah mengalami berbagai macam perubahan kurikulum. Mulai kurikulum 1994 dan suplemen kurikulum 1999. tahun 2004 berganti Kurikulum 2004 dikenal dengan KBK (Kurikulum berbasis Kompetensi), Kurikulum 2006 dikenal dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Tahun 2013 berganti Kurtilas (Kurikulum duaribu tigabelas) yang memiliki 3 aspek Pengetahuan, ketrampilan dan aspek sikap dan perilaku. disempurnakan di kurikulum yang disempurnakan yang kemudian masih mengacu pada KTSP. namun ditiadakannya Ujian Nasional. 

Pada saat Covid melanda kurikulum dipangkas menjadi kurikulum esensial, sampai pada era menteri Nadiem Makarim mengubah istilah lagi dengan kurikulum merdeka. Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menerapkan pembelajaran yang mendalam. dengan tetap berpusat dengan muatan esesnial dan mengembangkan kompetensi spiritual, moral sosial dan emosional. 

kekhasan kurikulum ini adalah fleksibel yang menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Mulai kemudian bermunculan dengan komunitas guru penggerak pengawas penggerak ataupun yang lain. Karena kekhasan yang fleksibel dan menyesuaikan kebutuhan dengan peserta didik, serta panduan pengembangan kurikulum operasional sekolah, panduan pembelajaran dan asesmen serta panduan proyek penguatan profil pancasila rahmatan lil alamin, Madrasah Tsanawiyah Arrosidiyah merencanakan implementasi sistem blok untuk kurikulum merdeka ini. 

Persiapan yang dilakukan oleh madrasah dalam rangka penerapan sistem blok ini yang pertama adalah bedah kurikulum (review kurikulum) oleh tim pengembang dan di sosialisasikan kepada stakeholder madrasah. Sebelumnya kami melakukan benchmarking/studi tiru ke beberapa MTs di Malang yakni MTs Al Itthad Poncokusumo dan MTs NU Pakis Malang. Kedua lembaga ini dengan masing masing kelebihannya akhirnya dengan kesepakatan seluruh stakeholder madrasah menerapkan sistem blok untuk MTs Arrosidiyah ini. Terhitung sejak 1 juli 2024 kurikulum Merdeka dengan sistem Blok resmi digunakan sebagai alternatif pembelajaran di Madarasah ini. 

tahapan perencanaan sistem ini dilakukan dengan menganalisa materi dan jadwal pembelajaran, keluasan materi dan kebutuhan siswa dengan memberi beberapa tes diagnostik dan tes temu bakat/talents mapping. (test strengh typology). tes ini untuk mengenali kekuatan yang ada di diri siswa. siswa diminta memilih lima hal yang paling cocok. tipe kepemimpinan, cara mengorganisir (interpersonal). mengetahui kekuatan personal. Anak kemudian di kelompokkan di beberapa kluster kelas seperti kelas homogen laki-laki, kelas homogen perempuan dan kelas heterogen. membuat jadwal mengajar dengan membagi jam pelajaran setahun dengan ketersediaan minggu efektif. Hasilnya ada 4 jadwal blok yang masing masing jadwal selama 3 bulan. bulan ini (februari) ini memasuki jadwal blok ke-3. 

Sistem Blok adalah pengelompokan jam belajar efektif dalam satuan waktu secara utuh. diharapkan maksimal dan mendalam yang hari ini dikenal dengan istilah deep learning, karena tatap muka yang lebih lama dalam waktu tertentu. dan  guru bisa melakukan strategi pembelajaran yang variatif dan metode yang inobatiftujuan utama sistem blok ini bukan tentang durasi proses pembelajaran, namun bentuknya. Siswa juga dapat memahami materi secara mendalam dan fokus. juga mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek. aspek kemandirian dalam belajar, mengembangkan kemampuan kerjasama, kepemimpinan, manajemen waktu, berfikir kritis dan inovatif. 


Komentar

Popular Post

RESENSI (Pesantren, Kampus Islam dan Moderasi beragama)

  Pesantren, Kampus Islam dan Moderasi beragama Karya Ngainun Naim, Abad Badruzzaman Halaman 288 + vi diterbitkan oleh Akademia Pustaka Begawan literasi di UIN SATU Tulungagung menghadiahkan buku ini pada resensator dengan catatan tulis tangan yang indah berisi tulisan adalah produk intelektual yang perlu di rawat dengan sepenuh jiwa. Sebuah kalimat yang mendalam untuk yang mampu menumbuhkan motivasi yang mendalam untuk menekuni dunia sepi membuahkan tulisan.   Penulis buku moderasi beragama yang di tulis secara duet oleh master di bidang metodologi Islam dan kelimuan tafsir hadis dan ilmu Al Qur’an, para professor ini menyoroti keberadaan Islam, pesantren dan karakter muslim dengan moderasi beragama. Isi Buku Terdiri dari 5 bab yang dimulai dengan pesantren dan dialetika sosial budaya, moderasi beragama sebuah tinjauan umum, pesantren dan perguruan tinggi serta moderasi beragama kebijakan, strategi dan implementasi. Pemembahasan mulai aspek berbeda dari pendidika...

Menggapai Ampunan Berbuah Surga

Bersegeralah mencapai ampunan Allah. Dan imbalannya adalah Surganya Allah yang luasnya seluas langit dan bumi. Surga ini diperuntukkan kepada orang orang yang bertakwa. Makna Langit disini dimaknai semua hal di luar bumi yakni alam semesta adalah langitnya Allah. bukan hanya seluas satu bintang yakni matahari dan 8 planetnya, bukan pula hanya satu galaksi yang berisi sekian milyar bintang. namun sekian milyar galaksi.  Surga seluas langit dan bumi ini diperuntukkan kepada siapa saja yang bisa bersegera mencari ampunan Allah, mereka adalah orang orang yang bertakwa. Siapa orang yang bertakwa dijelaskan di lanjutan ayat dari Surat Ali Imron ayat 134 yakni:  Pertama orang yang menafkahkan hartanya disaat lapang dan sempit . Menafkahkan harta untuk kebaikan dikala mereka kelebihan harta maupun saat kekurangan. Kebiasaan kita adalah tidak mau berbagi disaat kita merasa kekurangan.  Orang yang bisa Menafkahkan hartanya pasti akan banyak kawan. Sebaliknya orang yang kikir dan ...

Push the limit

The world changes when you change your perspective. (Yogadailypractice) Push the limit artinya pada paksa dirimu untuk melampaui batasmu. Biasanya istilah ini digunakan untuk olahraga. Mendorong dengan setengah memaksa untuk melampaui batas sehingga menjadi lebih dari yang kita mau.  Push the limit dalam yoga, juga di maknai untuk memaksa otot tubuh lebih renggang lebih lentur. Guru yoga virtual saya dari Australia mengatakan jangan dalam pose-pose yoga kalau sudah bisa harus di tingkatkan levelnya. Ada beberapa pose o diajarkan seperti vp pose, eagle, bridge, warior1,2,3 sun warior, cat pose, cow pose, head   stand dan lain lain.  Beberapa pose ini meningkatkan efektivitas kerja otot dan membuat postur tubuh menjadi lebih bagus. Tidak bungkuk dan tidak ndegeg (archy). Kesemua itu endingnya adalah kebugaran tubuh.  Saya memaknai push the limit ini juga dalam menulis. Ajakan dari Doktor Naim untuk ajeg menulis setiap hari lima paragraf, menurut saya mengajak ki...

Aisyah (The Greatest Woman in Islam)

Resensi buku Nama Buku     : Aisyah ra. (The Greatest Woman in Islam) Pengarang        : Sulaiman An-Nadawi, Penerbit            : Qisti Press, 2007 Halaman            : 341 Halaman + xlii Lagu viral saat ini yang berjudul Aisyah, menghentak dunia maya. Sebelum Ramadhan sampai kini. Sosok seperti Apakah Sayyidah Aisyah?? Lepas dari lagu yang tersebut, sebenarnya saya pada dihadiahi sebuah buku oleh suami setelah pernikahan saya di 2007. Judulnya Aisyah r.a yang akan saya resensi kali ini. Dia di juluki humaira’, dia adalah istri Baginda Nabi Muhammad SAW. Beliau di kenal sebagai Ummul Mukminin. Biografinya di tulis lengkap dalam buku ini, bagaimana sisi sang Sayyidah Aisyah dalam intelektualitas, romantisme dan heroismenya. Buku ini bercerita dari masa kecil Aisyah, sampai pada kecerdasannya mengumpulkan hadits-hadits...