Perencanaan Sistem Blok Pada Kurikulum Merdeka di MTs Arrosidiyah




Madrasah Tsanawiyah Arrosidiyah adalah Madrasah lanjutan tingkat pertama yang setaraf dengan SMP. Usia madrasah ini tidak lagi muda. sejak tahun 1993 berdiri sampai sekarang telah mengalami berbagai macam perubahan kurikulum. Mulai kurikulum 1994 dan suplemen kurikulum 1999. tahun 2004 berganti Kurikulum 2004 dikenal dengan KBK (Kurikulum berbasis Kompetensi), Kurikulum 2006 dikenal dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Tahun 2013 berganti Kurtilas (Kurikulum duaribu tigabelas) yang memiliki 3 aspek Pengetahuan, ketrampilan dan aspek sikap dan perilaku. disempurnakan di kurikulum yang disempurnakan yang kemudian masih mengacu pada KTSP. namun ditiadakannya Ujian Nasional. 

Pada saat Covid melanda kurikulum dipangkas menjadi kurikulum esensial, sampai pada era menteri Nadiem Makarim mengubah istilah lagi dengan kurikulum merdeka. Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menerapkan pembelajaran yang mendalam. dengan tetap berpusat dengan muatan esesnial dan mengembangkan kompetensi spiritual, moral sosial dan emosional. 

kekhasan kurikulum ini adalah fleksibel yang menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Mulai kemudian bermunculan dengan komunitas guru penggerak pengawas penggerak ataupun yang lain. Karena kekhasan yang fleksibel dan menyesuaikan kebutuhan dengan peserta didik, serta panduan pengembangan kurikulum operasional sekolah, panduan pembelajaran dan asesmen serta panduan proyek penguatan profil pancasila rahmatan lil alamin, Madrasah Tsanawiyah Arrosidiyah merencanakan implementasi sistem blok untuk kurikulum merdeka ini. 

Persiapan yang dilakukan oleh madrasah dalam rangka penerapan sistem blok ini yang pertama adalah bedah kurikulum (review kurikulum) oleh tim pengembang dan di sosialisasikan kepada stakeholder madrasah. Sebelumnya kami melakukan benchmarking/studi tiru ke beberapa MTs di Malang yakni MTs Al Itthad Poncokusumo dan MTs NU Pakis Malang. Kedua lembaga ini dengan masing masing kelebihannya akhirnya dengan kesepakatan seluruh stakeholder madrasah menerapkan sistem blok untuk MTs Arrosidiyah ini. Terhitung sejak 1 juli 2024 kurikulum Merdeka dengan sistem Blok resmi digunakan sebagai alternatif pembelajaran di Madarasah ini. 

tahapan perencanaan sistem ini dilakukan dengan menganalisa materi dan jadwal pembelajaran, keluasan materi dan kebutuhan siswa dengan memberi beberapa tes diagnostik dan tes temu bakat/talents mapping. (test strengh typology). tes ini untuk mengenali kekuatan yang ada di diri siswa. siswa diminta memilih lima hal yang paling cocok. tipe kepemimpinan, cara mengorganisir (interpersonal). mengetahui kekuatan personal. Anak kemudian di kelompokkan di beberapa kluster kelas seperti kelas homogen laki-laki, kelas homogen perempuan dan kelas heterogen. membuat jadwal mengajar dengan membagi jam pelajaran setahun dengan ketersediaan minggu efektif. Hasilnya ada 4 jadwal blok yang masing masing jadwal selama 3 bulan. bulan ini (februari) ini memasuki jadwal blok ke-3. 

Sistem Blok adalah pengelompokan jam belajar efektif dalam satuan waktu secara utuh. diharapkan maksimal dan mendalam yang hari ini dikenal dengan istilah deep learning, karena tatap muka yang lebih lama dalam waktu tertentu. dan  guru bisa melakukan strategi pembelajaran yang variatif dan metode yang inobatiftujuan utama sistem blok ini bukan tentang durasi proses pembelajaran, namun bentuknya. Siswa juga dapat memahami materi secara mendalam dan fokus. juga mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek. aspek kemandirian dalam belajar, mengembangkan kemampuan kerjasama, kepemimpinan, manajemen waktu, berfikir kritis dan inovatif. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Mensinergikan Program melalui Raker Pengurus PC LP Ma’arif NU Tulungagung

  Malang, 22/02/2025, Bertempat di Grand Rose Villa Batu, digelar Rapat kerja PC LP Ma’arif NU Tulungagung. Raker ini di ikuti oleh 50 pe...