Berkah Reuni Akbar


 


Saya dan RA A Hamid adalah teman di bangku kuliah tahun 1999. Kita sama sama kuliah di jurusan D-2 di IAIN Tulungagung, Jurusan yang hanya di buka selama 5 periode setelah itu sudah tidak ada lagi.

Banyak yang mencibir jurusan kami. Candaan anak-anak S-1 kala itu Kuliah gak tenanan, kuliah hanya sebentar, ini anak yang mau gak kuliah takut segera dimantu kalau kuliah gak punya biaya dll.

Kami D-2 PGMI kala itu dua kelas kelas L dan M. samar dalam ingatan saya, siapa yang di kelas L dan siapa yang di kelas M. yang jelas setelah D2 selesai dan kami di wisuda banyak diantara kami yang memilih melanjutkan S-1 atau memilih mengabdi didesa untuk menjadi guru MI.

Dan berkah D-2 hampir 80 % dari kami mendapatkan pekerjaan sebagai ASN di kementerian agama di berbagai kabupaten/kota di Jatim.

Hamid yang saya kenal adalah anak cungkring, rambut gondrong dan perilaku agak clintisan. Sering kita bercanda dengan memanggil Ndon-Ndon ke dia. Tahun 2023 kami ketemu lagi setelah 4 tahun yang lalu bertemu di agenda yang sama yakni reuni STAIN yang sekarang dikenal dengan UIN SATU Tulungagung.

Dengan enak dan renyah kita bersama berkumpul sebelum ke terop kebesaran UIN yang sehari sebelumnya dijadikan tempat Wisuda ke 35 tahun 2023 ini. Kami berkumpul di kost yang pemiliknya juga teman D2 kami dahulu, masih ragu kalau alumni D2 banyak yang sukses?? Ada yang jadi guru, nyambi pemilik kost seperti bu sofi, ada yang menjadi pengusaha, ada yang jadi kepala sekolah.

Menjadi kebiasaan kami untuk membuat kaos sebagai dress code, heboh sekali saat memilih warna kaos, memilih desain dan Pernik setelah kaos jadi, pakai kerudung apa pakai rok apa dan pakai sepatu apa. Pokok nya semangat untuk bertemu menjadi booster tersendiri bagi kami. Notabenenya banyak yang dari luar kota, ada yang dari Blitar, Nganjuk, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Pacitan. Mereka rela untuk berpayah-payah menghadiri pertemuan akbar Reuni ini.

Di Kost Sofi, dalam suasana penuh canda tawa dan saling ejek seperti zaman kuliah, Hamid nyeletuk kepada saya, Bu njenengan sakniki kan demen nulis, aku tulisno biografi abah. Saya mengerenyitkan dahi. Bukan karena gak mau, tapi dalam dunia menulis biografi saya bukan pakarnya. Namun akhirnya saya iyakan saja. Karena insyaallah akan menjadi kebaikan dan nambah pengalaman saya.

Jujur saya belum kenal dengan abahnya Hamid ini, tapi saat di kuliah dengan nama R.A ini pasti orang keturunan keraton. Setelah mengiyakan saya minta beliau untuk mengumpulkan berbagai macam data yang diperlukan untuk di jadikan tulisan.

Baru hari itu saya tahu Hamid ini keturunan Pejabat Kyai yang masyhur. Raden Kyai Hasan Mimbar, yang diberi wewenang oleh kesultanan Mataram Islam kala itu untuk mengelola pemerintahan dan mengelola adat di tanah perdikan di Tulungagung.

Ada tiga desa yang memiliki hak istimewa sebagai tanah perdikan yakni Tawangsari, Winong, dan Majan. Mbah Kyai Hasan Mimbar adalah orang yang dipercaya di Majan sebagai Pejabat Kyai yang berwenang atas tanah perdikan dan pengelolaan pemerintahannya.

Kyai Nursalim yang tidak lain adalah ayah dari teman saya RA A Hamid ini, adalah keturunan Raden Kyai Hasan Mimbar yang ke X. Wow saya exicted sekali diajak untuk mengembara ke zaman babad Tulungagung dan ceritanya melalui ajakan menulis buku ini.


2 komentar:

Featured Post

  Tumpukan masalah yang menggelayut di madrasah kami tidak sedikit. Stigma guru yang belum berkualitas, pembelajaran yang monoton, siswa mal...